Sabtu, 05 Februari 2011

Wasiat Umar bin Khattab

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah bersabda. "Tidak ada seorang pun yang lebih suka kepada pujian selain Allah SWT, karena itulah Dia memuji Zat-Nya sendiri. Begitu juga tidak ada seorang pun yang lebih marah selain Allah SWT, itulah sebabnya Dia mengharamkan perbuatan keji." (HR. Bukhari dan Muslim).
Pada suatu hari, Sayyidina Umar bin Khattab bertutur kepada beberapa orang sahabatnya, " Aku ingin menyampaikan enam wasiat kepada kalian :
Pertama, bila kalian menemukan aib yang ada dalam diri seseorang, maka galilah aib yang ada dalam diri kalian sendiri, karena aib kalian belum tentu sedikit.

Kedua, bila kalian ingin memusuhi seseorang atau sesuatu, maka musuhilah perut kalian, karena tidak ada musuh  yang lebih berbahaya bagi kalian selain perut kalian sendiri.
Ketiga, bila kalian ingin memuji, pujilah Allah SWT, karena tidak ada sesuatu yang lebih banyak memberi kepada kalian dan lebih santun serta lembut kepada kalian selain Dia.
Keempat, bila ada yang ingin kalian tinggalkan, maka tinggalkanlah kesenangan dunia, sebab justru bila kalian tinggalkan kalian akan menjadi terpuji.
Kelima, bila kalian ingin bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiaplah untuk mati, sebab bila kalian tidak menyiapkan bekal untuk mati kalian akan menderita, rugi dan penuh penyesalan.
Keenam, bila kalian ingin menuntut sesuatu maka tuntutlah akhirat karena kalian tidak akan mendapatkannya kecuali dengan mencarinya."
Itulah enam wasiat dari Sayyidina Umar bin Khattab yang patut kita renungkan dan ikuti. Apa yang diwasiatkan tersebut sesuai dengan perkataan Imam Hasan Al Basyri :
Aku tahu rezekiku tak mungkin di ambil orang lain maka aku tenang
Aku tahu amal-amalku tak mungkin dilakukan orang lain maka aku sibukkan diriku dengabn beramal.
Aku tahu Allah selalu melihatku karenanya aku malu bila Allah mendapatiku melakukan maksiat.
Aku tahu kematian menantiku maka kupersiapkan bekal untuk berjumpa dengan Rabbku.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar